Sabtu, 09 Oktober 2010

Strategi Pemasaran Dalam Bisnis Makanan

Bisnis makanan, terutama catering, merupakan bisnis yang sangat potensil untuk meraup keuntungan. Apalagi jika pangsa pasarnya adalah untuk kantoran. Akan tetapi, untuk mencapai itu semua memang ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti langkah awal memulai bisnis ini dan juga cara memenangkan persaingan di dalam mengelola bisnis makanan tersebut.

Pada langkah awal memulai bisnis makanan seperti ini, memang kita terkesan rugi. Dikatakan terkesan rugi karena memang kita harus mengeluarkan modal yang tidak sedikit untuk melakukan test product kepada calon konsumen. Dalam test product ini, Anda harus benar-benar memastikan bahwa kualitas dari makanan yang akan Anda pasarkan benar-benar baik dan memenuhi selera konsumen, karena jika konsumen puas dengan kualitas produk makanan yang kita hasilkan, maka konsumen akan berpikir untuk memakai jasa kita dan pada akhirnya menjadi loyal kepada kita.

Ada beberapa tantangan dalam menjalankan bisnis ini, yaitu banyaknya persaingan antar bisnis catering sendiri, karyawan kantor cenderung lebih senang makan di luar, dan seringkali makanan yang ada di sekitar kantor lebih variatif dan banyak pilihannya.

Namun, menanggapi semua hal tersebut, ada cara untuk memenangkan persaingan di dalam menjalankan bisnis makanan ini, terutama catering

Membangun jaringan

Membangun jaringan memang tidak mudah pada awalnya. Namun, Anda harus mengetahui bahwa hal ini merupakan hal yang penting untuk dapat menjalankan bisnis makanan, terutama bisnis catering. Cara membangun jaringan yang baik adalah dimulai dari perkenalan atau test product kepada orang yang Anda kenal terlebih dahulu, baru setelah ia puas, Anda jangan lupa untuk menyampaikan pesan kepada rekan Anda tersebut untuk mereferensikan jasa catering Anda kepada rekan-rekannya yang lain. Tetapi ingat, untuk melakukan test product memang usahakan jangan hanya kepada satu orang saja. Perluas relasi sebanyak-banyaknya dan promosikan jasa Anda tanpa menyerah. Memang awalnya bukanlah hal mudah untuk membangun jaringan. Namun, jaringan ini merupakan salah satu cara pemasaran word of mouth yang sangat efektif. Selain dengan cara pemasaran mulut ke mulut atau word of mouth, Anda juga bisa membangun jaringan dari situs sosialisasi seperti facebook, twitter, mengiklankan di website, dan lainnya

Diversifikasi menu

Diversifikasi merupakan salah satu strategi penting di dalam bisnis makanan, terutama bisnis catering. Anda harus mengetahui, bahwa keragaman atau pilihan dari menu makanan yang Anda sajikan merupakan hal yang meningkatkan nilai jual bisnis makanan Anda. Karena itu, jangan pernah menjual produk atau jasa yang sama atau itu-itu saja, tetapi sediakan banyak pilihan yang akan meningkatkan nilai jual bisnis makanan Anda.

Meningkatkan kualitas layanan

Di dalam meningkatkan kualitas layanan Anda, ada tiga hal penting yang harus Anda perhatikan, yaitu on time, menerima masukan dari pelanggan atau calon pelanggan, dan juga kualitas makanan yang Anda hasilkan harus baik.

On time berarti Anda harus memperhatikan ketepatan waktu di dalam menjalankan bisnis makanan tersebut. Seperti jika Anda berbisnis catering, Anda harus bisa mengantarnya tepat waktu, dan hal tersebut adalah harga mati yang tidak bisa ditawar, karena kepercayaan konsumen sangat terletak dari ketepatan waktu Anda.

Menerima masukan dari pelanggan atau calon pelanggan berarti Anda harus mau untuk menerima kritik dan saran yang diajukan oleh pelanggan atau calon pelanggan Anda. Jangan pernah merasa tersinggung jika pelanggan mengatakan hal yang tidak berkenan mengenai makanan Anda. Akan tetapi, Anda harus bisa menerima semua kritik dan saran, karena itu adalah modal Anda untuk dapat lebih baik dalam menjalankan bisnis makanan, terutama di dalam bisnis catering

Kualitas yang baik adalah harus memperhatikan kualitas makanan, bahan makanan, packaging dan juga keunikan. Packaging merupakan hal yang penting karena kemasan yang buruk akan membuat image calon pelanggan menjadi buruk juga. Tetapi packaging yang baik akan lebih meningkatkan nilai jual bisnis Anda. Keunikan merupakan hal yang penting. Jika Anda mempunyai ciri khas di dalam penjualan makanan dalam catering Anda, yang tidak dimiliki oleh jasa catering lainnya, maka itu akan menciptakan nilai tambah bagi bisnis Anda, karena bagaimanapun jika menu dalam catering Anda tergolong unik, biasanya pelanggan rela merogoh kocek yang agak tinggi sekalipun untuk mendapatkan makanan khas tersebut.


http://www.managementfile.com/column.php?sub=sales&id=2003&page=sales

Tidak ada komentar:

Posting Komentar